Pendahuluan

BAB   I

PENDAHULUAN

 A.       Sejarah Singkat UNIROW Tuban

UNIROW Tuban berdiri atas dasar SK Mendiknas RI Nomor: 08/D/O/2007 Tanggal 4 Januari 2007 dengan memberikan izin penyelenggaraan program studi baru, yaitu Program Studi: Ilmu Politik (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Ilmu Kelautan (S1), Ilmu Perikanan (S1), Teknik Industri (S1), Teknik Perangkat Lunak (S1), Biologi (S1), Matematika (S1); dan penggabungan IKIP PGRI Tuban dengan Program Studi: PPKn (S1), Pendidikan Ekonomi Akuntansi (S1), Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dengan Akademi Perikanan PGRI Tuban Program Studi: Budidaya Perikanan (DIII), Pengelolaan Hasil Perikanan (DIII), dan Manajemen Sumberdaya Perikanan (DIII); menjadi Universitas PGRI  Ronggolawe (UNIROW) di Tuban,  yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi  (PPLP-PT) PGRI di Tuban. Selanjutnya UNIROW membuka  Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) (S1) berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan dari Ditjen Dikti Nomor: 440/D/T/2008 tanggal 30 Januari 2008. Kemudian disusul Pembukaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan dari Ditjen Dikti Nomor: 895/D/T/2009 tanggal 11 Juni 2009.

B.     Visi dan Misi UNIROW Tuban

1.       Visi UNIROW Tuban

Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban menjadi Universitas yang Unggul dan Profesional Berlandaskan Jati Diri PGRI pada Tahun 2035.

Untuk mencapai maksud tersebut, pada tahun 2035 mendatang diharapkan UNIROW menjadi universitas

  1. “Unggul” mengandung makna:
  2. UNIROW Tuban berusaha menjadi Universitas yang mampu mengikuti perkembangan keilmuan pendidikan dan IPTEKS pada tingkat ASEAN
  3. Segenap civitas akademika Unirow Tuban mampu menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif dalam bidang IPTEKS sehingga kompetetif di tingkat ASEAN.
  4. Profesional mengandung makna seseorang yang memiliki tiga hal pokok yang ada didalam dirinya, yang diantaranya meliputi: Skill, yang artinya orang tersebut harus benar-benar ahli di bidangnya. Knowledge, yang artinya orang tersebut harus dapat menguasai, minimalnya berwawasan mengenai ilmu lain yang berkaitan dengan bidangnya. Attitude, yang artinya bukan hanya pintar, akan tapi harus memiliki etika yang diterapkan didalam bidangnya.
  5. Pernyataan “berlandaskan jati diri PGRI” mengandung makna berlandaskan tiga karakter utama PGRI, yaitu sebagai organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan beserta ciri-cirinya.

Dalam meningkatkan keunggulan tersebut tetap mendukung pembangunan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta peraturan-peratura lain yang terkait. Di samping itu, sebagai Perguruan Tinggi PGRI, UNIROW harus tetap memperhatikan dan mendukung visi dan misi perjuangan PGRI melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

2.   Misi UNIROW Tuban

  1. Menyelengarakan pendidikan secara professional berbasis pada perkembangan IPTEKS dan jati diri PGRI
  2. Menyelenggarakan penelitian secara professional berbasis pada perkembangan IPTEKS
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara professional berbasis pada perkembangan IPTEKS dan jati diri PGRI
  4. Mengembangakan kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak di bidang IPTEKS
  5. Mengembangkan tata pamong dan tata kelola secara professional berbasis pada jadi diri PGRI.

3.   Tujuan UNIROW Tuban

  1. Menghasilkan sivitas akademika yang professional di bidang perkembangan IPTEKS dan memiliki jati diri PGRI.
  2. Menghasilkan penelitian yang dapat memberikan sumbangan kepada perkembangan IPTEKS
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat di bidang IPTEKS secara professional.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak secara professional dan saling menguntungkan untuk menunjang mutu lulusan.
  1. Mewujudkan tata pamong dan tata kelola secara professional dan berbasis pada jati diri PGRI untuk menghasilkan sivitas akademika yang unggul.

C.     Tugas Pokok dan Fungsi UNIROW Tuban

1.    Tugas Pokok UNIROW Tuban

Tugas pokok UNIROW Tuban adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan professional berlandaskan iman dan taqwa yang diselenggarakan pada Program Sarjana (S1).

2.   Fungsi UNIROW Tuban

  1. Melaksanakan dan  mengembangkan  pendidikan,   penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bermutu, professional, dan berlandaskan jati diri PGRI.
  2. Menyusun rencana strategis, rencana operasional dan langkah-langkah teknis.
  3. Menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahunan
  4. Memanfaatkan secara optimal seluruh sumber daya (manusia, dana, dan material) pendidikan untuk pengembangan UNIROW.
  5. Membina dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni.
  6. Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan semua pihak, baik dari dalam maupun luar negeri.
  7. Membina manajemen organisasi yang sehat dan harmonis.
  8. Mengevaluasi program secara periodik untuk peningkatan kualitas program berikutnya.